Pelatih Chelsea di masa Roman Abramovich

Chelsea dikenal sebagai tim yang sering gonta-ganti pelatih sejak Roman Abramovich menjadi pemilik klub. Banyak pelatih kelas dunia yang dipecat ditengah jalan karena The Blues menerima hasil buruk. Berikut adalah pelatih-pelatih Chelsea pada masa kepemimpinan Abramovich (tanpa copas):


1. Claudio Ranieri



Ranieri menjadi pelatih pertama sejak kedatangan Abramovich. Pada masa kepemimpinannya Chelsea memasuki periode yang baik. Namun, ia gagal memberi trofi bagi The Blues. Ia lalu digantikan oleh Jose Mourinho, yang meraih gelar Liga Champions bersama FC Porto. 


2. Jose Mourinho



Ia datang dengan reputasi yang gemilang bersama FC Porto,dan ia menyebut dirinya sebagai "The Special One". Saat bersama Chelsea, ia meraih gelar Liga Inggris pada musim pertamanya dan musim keduanya. Ia juga memberi trofi lain seperti FA Cup, Piala Carling, dan Community Shield. Namun, pada tahun 2007 ia dipecat karena hubungan buruknya dengan Abramovich. Ia menjadi idola fans Chelsea hingga saat ini dan menjadi pelatih The Blues tersukses.


3. Avram Grant 



Ia dipilih menggantikan Mourinho menjadi nahkoda baru The Blues, sebelumnya ia menjadi asisten The Special One. Walaupun ia banyak diragukan, Chelsea tetap meraih hasil yang baik ditangannya. Prestasi terbesarnya adalah meloloskan Chelsea ke Fibal Liga Champions, walaupun kalah adu penalti dengan Manchester United. Ia lalu dipecat pada akhir musim.


4. Luiz Felipe Scolari



Scolari diambil dari Timnas Portugal untuk menukangi Chelsea. Pada awalnya, ia meraih hasil impresif bersama The Roman Emperor dan sempat memimpin klasemen Liga Inggris. Namun, ia banyak disorot saat untuk pertama kalinya Chelsea meraih kekalahan pertama di kandang selama 80 pertandingan terakhir saat melawan Liverpool.


5. Guus Hiddink 



Guus Hiddink menggantikan Scolari di tengah musim. Ia didatangkan dari Timnas Rusia untuk sementara waktu. Namun, ia berhasil membawa Chelsea meraih hasil positif dan puncaknya meraih gelar Piala FA. Namun, ia harus kembali ke Timnas Rusia sesuai kontraknya.


6. Carlo Ancelotti



Ia datang pada musim 2009/2010 dari AC Milan. Kedatangannya membawa aroma baru bagi permainan Chelsea. Di bawah kepemimpinannya Chelsea meraih double winner di musim pertamanya, yaitu Liga Inggris dan Piala FA. Namun pada musim berikutnya ia dipecat oleh Abramovich karena tidak meraih gelar apapun.


7. Andre Villas Boas



Villas Boas menjadi fenomena karena pada usia 33 tahun ia berhasil membawa FC Porto menjuarai tiga gelar sekaligus pada musim 2010/2011. Ia lalu didatangkan oleh Abramovich dengan rekor pelatih termahal dunia. Namun, ditangannya Chelsea tampil inkonsisten dan gagal menunjukan penampilan terbaik. Akhirnya ia dipecat pada tengah musim kompetisi 2011/2012 dan digantikan asistennya, Roberto Di Matteo.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment