GREAT FOUNDER, PROBLEMS, and OPPORTUNITIES


 Membangun sebuah bisinis tentu bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi dalam masa sekarang, persaingan antar bisnis sangatlah ketat. Kita bukan hanya dihadapkan pada pesaing dalam suatu wilayah saja. Dalam era globalisasi sekarang ini, yang mebuat semakin sedikitnya halangan yang berarti untuk berkomunikasi dan berhubungan antara suatu wilayah, kota, ataupun daerah lain, maka persaingan bisa saja melebar ke negara lain, bahkan dengan negara di benua lain. Maka sangatlah berat apabila kita masih memiliki konsep bisnis yang monoton tanpa adanya penyesuaian antara keinginan dan kebutuhan konsumen, kesesuaian dengan lifestyle masa kini, dan yang terpenting adalah memanfaatkan kemudahan komunikasi dan informasi terutama dalam hal pemanfaatan internet yang semakin hari semakin mudah diakses.

Inilah yang harus dimanfaatkan oleh seorang founder sebuah bisnis. Dimana memanfaatkan segala kemudahan yang telah diberikan, dan hal penting lainnya adalah bagaimana menangkap sebuah permasalahan di lingkungan kita, berpikir untuk menemukan solusinya, memberikan nilai tambah pada solusi tersebut, dan mengembangkannya menjadi sesuatu yang bisa bemanfaat bagi diri kita sendiri berupa penghasilan yang maksimal dan berkah. Saya memberi contoh dalam hal ini perusahaan GO-JEK, yang dalam kurun waktu dua tahun terakhir namanya semakin besar dan penghasilannya pun semakin meningkat dari waktu ke waktu. Kegemilangan GO-JEK tidak lepas dari bagaimana mereka menangkap sebuah permasalahan yang ada, terutama dalam hal ini permasalahan masyarakat akan mobilitas dan transportasi, kemudian digabungkan dengan teknologi yang bersifat aplikasi online yang dengan mudah diakses dan dimanfaatkan oleh semua orang, tanpa mengenal perbedaan umur, kalangan, maupun tingkat penghasilan. Memang dalam perjalanannya banyak mengundang pro dan kontra, terutama dengan perusahaan sejenis yang masih menggunakan konsep konvensional. Namun, terlepas dari itu, transformasi antara permasalahan yang ada dengan solusi yang mereka tawarkan, dengan memanfaatkan kemudahan teknologi, yang membuat mereka menjadi market leader dalam bisnis aplikasi online di Indonesia sekarang ini, sangatlah patut untuk diacungi jempol.

Memanfaatkan segala kemudahan yang ada itu mutlak harus dilakukan. Namun, kita sering dihadapkan pada sulitnya mencari masalah yang ada di masyarakat untuk kita cari solusinya sebagai ide bisnis startup kita. Seringkali kita menemukan sebuah ide bisnis, namun suatu saat kita menemukan bahwa ide tersebut sudah digunakan oleh orang lain sebagai bisnis mereka. Pada hakikatnya memang ide manusia cenderung sama karena masalah yang dihadapi juga hampir serupa. Namun, hal terpenting adalah, jika tidak dapat menemukan masalah di kehidupan sekitar, maka temukanlah masalah apa yang terjadi pada diri sendiri atau apa yang menjadi hal terpenting dalam hidup kita, sebagai ide bisnis yang baik. Karena apa yang kita alami dan kita yakini bahwa itu penting bagi hidup kita, seringkali juga dirasakan oleh banyak orang diluar sana. Contohnya adalah Agate Studio. Perusahaan ini memanfaatkan interest mereka dalam bidang game. Sehingga kini mereka menjadi salah satu developer games terbesar di Indonesia. Jika kita lihat di luar negeri, Youtubers berpenghasilan paling tinggi adalah Pewdiepie. Ia memiliki minat dalam bidang game, yang ia manfaatkan dengan mebuat akun Youtube dan memposting video tutorial permainan game yang ada di seluruh dunia. Ide yang berasal dari minat mereka pun  membawa hasil yang bisa membawa manfaat bagi orang lain.

Oleh Achmad Riza Fanani Anzirwan
Fakultas Ekonomika dan Bisnis UGM
Artikel untuk Gerakan 1000 startup digital





These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati

Leave a comment